Berita Terbaru

Apresiasi Seni, Mahasiswa PGSD Unisba Blitar Saksikan Pagelaran "Majesty Of Masterpieces"

unisbablitar.ac.id, Blitar - Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar stu .... [Baca Selengkapnya]


Miliki Lab Microteaching, FKIP Unisba Blitar Siap Cetak Guru Andal

unisbablitar.ac.id, Blitar - Sarana dan prasarana kuliah di Fakultas Keg .... [Baca Selengkapnya]



Link Terkait
Prodi PGSD Unisba Blitar Cetak Guru Berjiwa Entrepreneurship
Artikel berita - Kategori Kegiatan Fakultas | Diposting pada : 2018-12-05 -|- 03:23:am
Share this article on

unisbablitar.ac.id, Blitar - Era globalisasi saat ini, persaingan hidup manusia semakin ketat dan penuh kompetisi. Karena itulah, mereka yang mampu bertahan adalah mereka yang kreatif dan memiliki daya inovasi tinggi melalui entrepreneurship atau kewirausahaan.

 

Dalam dunia wirausaha, manusia merebut semua peluang dan kesempatan. Manusia mengembangkan keterampilan yang dimiliki agar dapat mengembangkan segala potensi di dalam diri  dan menciptakan kreasi berupa produk yang dapat bermanfaat, baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Menyadari pentingnya wirausaha  dekade ini, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, selain mencetak mahasiswanya menjadi guru yang andal, juga berusaha membentuk mahasiswa menjadi wirausahawan sukses. Upaya itu diwujudkan melalui program edupreneur.

“Inilah yang membedakan jurusan PGSD di Unisba Blitar dari PGSD di kampus lain. Kami menyebutnya edupreneur. Ya jadi guru ya jadi wirausaha,” kata Kaprodi PGSD Unisba Blitar Dwi Kameluh Agustina SSi MPd.

Di prodi PGSD ini, mahasiswa  ditanamkan jiwa kewirausahaan melalui motivasi  dan diskusi. ”Ini merupakan upaya kami untuk membentuk karakter  dan jiwa bisnis mereka. Kami ingin kelak mereka bisa menjalankan dua profesi sekaligus,  menjadi guru dan pengusaha sukses. Jika ini berhasil, mereka bisa menghasilkan banyak rupiah dan tercapailah kemapanan hidupnya,” ujar Dwi Kameluh.

Setahun berjalan, program ini membuahkan hasil  yang menggembirakan. Saat ini banyak mahasiswa Prodi PGSD yang  berinovasi dan tampil menjadi wirausahawan muda melalui produk seperti keripik, macaroni, handycraft, hingga bakso goreng.  Produk ini tak hanya dijual di lingkungan kampus Unisba , tapi sudah merambah pasar luar kota seperti Malang.

Bukan hanya itu. Bidang kewirausahaan juga merambah sektor jasa. Saat ini banyak mahasiswa yang  membuka tempat les. Mahasiswa juga diajak untuk membuat kegiatan pengembangan kreativitas guru dan membuat seminar.

“Yang perlu dipahami, kewirausahaan  itu bukan hanya menciptakan produk, tapi juga merambah bidang jasa. Mahasiswa kami sudah mampu menjalankan keduanya,” ucap Dwi Kameluh.

Prodi PGSD Unisba Blitar baru berusia satu tahun dengan SK operasional  yang diterbitkan tahun 2015. Setahun berjalan, prodi ini semakin diminati masyarakat. Saat ini Prodi PGSD Unisba Blitar memiliki sekitar 150 mahasiswa.



 


P2MB Kampus Universitas Islam Balitar
Kampus 1 : Jln. Majapahit 2-4 Blitar - Jawa Timur 66131
Tlpn/ Fax (0342) 813145 Hp. 085785510433
Kampus 2 : Jln. Tanjung No. 224 Blitar - Jawa Timur